/

Rabu, 08 Januari 2014

Bersama Kelas Inspirasi


“Tak ada sesuatupun di dunia ini diciptakan tanpa manfaat, bahkan bakteri sekalipun memiliki kemampuan untuk menguraikan zat sisa sehingga bisa bermanfaat bagi bumi. Lantas, mengapa kita yang merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna tidak ingin bermanfaat bagi sekitar, bahkan bagi diri kita sendiri ???”
*DEG* ---- Kelas Inspirasi Pinrang
Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah pernyataan yang berakhir mengajukan pertanyaan tersebut. Lalu saya terdiam dan kembali bertanya, apakah saya sudah memiliki manfaat? Apakah saya sudah menjadi manfaat untuk orang lain? Siapa yang bisa menjawabnya?

Sebenarnya kita telah paham betul tentang ‘sesuatu’ yang telah diciptakan Tuhan pada diri kita untuk bisa menjadi ‘sesuatu’ yang bermanfaat untuk sekitar, namun kita masih kurang paham akan ‘kesadaran diri sendiri’ yang hanya diri kita sendirilah dapat  menggerakkannya agar kita ingin melakukan sesuatu hal yang bermanfaat. Karena sesungguhnya, KITA BISA! Hanya saja ‘belum ingin’. Padahal, tanpa kita sadari… sebuah hal kecil yang kita lakukan dapat berpengaruh besar untuk sekitar kita. Bisa saja. Who’s know?


Saya adalah seorang mahasiswa semester 5 yang masih jauh dari kesuksesan materi. Kuliah saya masih dibiayai, uang jajanpun masih orangtua yang kasih… tapi saya ingin berbagi, karena sesungguhnya hal yang dapat dibagi tidak semata berbentuk materi. Sayapun ingin bermanfaat, karena menjadi manfaat  tidak semata menunggu toga telah berada di kepala ataupun title sarjana tersemat diakhir nama panjang saya… melainkan saat kita mulai peduli dengan generasi yang membutuhkan lalu kita ingin bergerak, maka disanalah kita mulai memupuk manfaat.

Oh iya, pada postingan saya kali ini yang dari pembukanya saja sudah cukup berisi #tsaaah, saya ingin berbagi cerita tentang sebuah program mengajar sehari oleh para profesional untuk generasi unyuk-unyuk bangsa, yak SD (Sekolah Dasar). Program ini bernama Kelas Inspirasi dimana Kelas Inspirasi ini adalah gagasan dari yayasan Indonesia Mengajar-nya Om Anies Baswedan.

Logo Kelas Inspirasi Pinrang

Om Anies Baswedan pernah berkata bahwa “Mendidik adalah tugas setiap orang yang terdidik”, yah sepakat! Karena mendidik tidaklah semata tugas seorang guru, melainkan setiap terdidik juga memiliki kesempatan untuk mendidik generasi yang membutuhkan. Nah, Kelas Inspirasi ini adalah salahsatu wadah yang dimiliki para profesional yang terdidik untuk membagi ceritanya yang secara tidak langsung memberi didikan untuk generasi unyuk bangsa.

Kelas Inspirasi ini menjadi solusi bagi para profesional Indonesia yang ingin berkontribusi dengan mengajar di lingkungannya. Hal ini membuka pintu interaksi positif antara kaum profesional dengan para siswa di Sekolah Dasar.

"Bagi Anda hanya satu hari cuti bekerja, namun bagi murid-murid itu bisa menjadi hari yang menginspirasi mereka seumur hidup. Berbagi cerita, pengetahuan, dan pengalaman untuk menjadi cita-cita dan mimpi mereka."  --- Kelas Inspirasi

Sehari untuk menginspirasi adalah bentuk usaha yang dilakukan karena terinspirasi dari ‘itu-itu saja’nya cita-cita yang dimiliki oleh generasi unyuk bangsa saat ini. Coba tanyakan cita-cita para siswa SD saat ini, mereka akan menjawabnya dengan salahsatu dari 5 besar profesi terpopuler dikalangan anak SD; Dokter, Guru, Polisi, Pilot, Pacar kamu. Halah, yang terakhir please coret! Padahal masih begitu banyak profesi-profesi yang sama mulianya namun mungkin saja masih kurang mereka ketahui. Maka, saat ini Kelas Inspirasi ada untuk lebih mensosialisasikan dan memberi inspirasi agar mereka memiliki cita-cita yang mulia sesuai dengan pilihan mereka sendiri.

Ironisnya, beberapa saat yang lalu saya sempat menanyakan hal yang sama pada salahsatu siswa SD yang saya temui disekitaran kampus saya, namun dia menjawab dengan “Saya tidak memiliki cita-cita”. Mungkin bagi beberapa orang hal ini termasuk dalam hal yang biasa-biasa saja, padahal sesungguhnya hal tersebut merupakan bentuk kurangnya inspirasi yang dimiliki oleh anak tersebut. Bukankah masa kecil mesti dilimpahi dengan cita-cita yang besar agar semangat menggapainyapun bisa lebih besar?!



source

Dan, akhir dari postingan kali inipun tiba (?), masih begitu banyak yang saya ingin ceritakan tentang Kelas Inspirasi namun tugas saya sedang khusyuk-khusyuknya antri. Walaupun saya baru saja bergabung, namun telah begitu besar semangat berbagi yang saya peroleh karenanya. Saya beruntung bisa menjadi salahsatu relawan panitia di Kelas Inspirasi Pinrang yang terbentuk pada akhir tahun 2013 baru-baru ini. Doakan kegiatan kami insyaAllah bulan depan bisa berjalan lancar dan memberi inspirasi yang besar untuk generasi unyuk bangsa ya, gaes.



Think Big, Start Small and Act Now!



Kalau kakak-kakak berprofesi ingin berbagi inspirasi ke adek-adek di Sekolah Dasar dan ingin bergabung menjadi relawan pengajar Kelas Inspirasi, kakak-kakak bisa mendaftarkan diri di www.kelasinspirasi.org


15 komentar:

  1. keren, pendidikan taraf SD aja udah punya program semacam kelas inspirasi gini. di SMK gue malah adanya ibu kantin yang sering bikin gondok sendiri -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu balik ke SD lagi gimana? asikk loh yam

      Hapus
  2. gue kira td ini kelas menulis bersama penuis terkenal, eh taunya bukan. haha
    openingnya ngena banget mbak, bermakna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha bukan... pengen juga sih ikut acara kek gituan biar bisa jago nulis juga >w<

      Hapus
  3. Wuih keren banget Shry jadi relawannya Anis Baswedan...
    Gue juga pengen ikutan yang Indonesia Mengajar tapi seleksinya ketat banget... Temen2 gue aja gak ada yang lolos :D

    Kalo ini kayaknya konsepnya enggak sampe ditempatin di di pelosok ya Shry?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia mengajar yang tahunan gitu kan bang? nah kalo KI ini cuma sehari.. sehari memberi inspirsi, tapi seumur hidup menginspirsi tsaaah :)

      iyaah ga mesti di pelosok bang tapi ga menutup kemungkinan juga

      Hapus
  4. Cc bener bget klo tugas mendidik adlh kewajiban orng orng terdidik...ah keren bgt nih postingan. Insyaallah gue bsa mnjdi salah satu orng terdidik yg bsa mendidik mreka yg emng perlu dididik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoih kakak! yukk mendidik.. yuk menginspirasi~

      Hapus
  5. keren, positif banget kegiatannya. Emang kayak gini nih yang seharusnya ditambah terus dalam kehidupan kita. kegiatan yang bermanfaat utk org banyak. sebagai calon guru aku salut sama kamu, aku aja malas ngajar gitu, tapi kamu malah mau, hebat ..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha aku juga calon guru kak, makanya pengen ngasah dari sekarang tsaaah :))

      Hapus
  6. wih kegiatannya kece banget nih, berbagi inspirasi dengan adek2 sd yg unyuk2 biar cita-cita mereka ga terlalu mainstream bahkan ga punya cita2. Kegiatannya juga menginspirasi buat para pemuda banget. Salut kak Shry mau ikutaan kegiatan seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iyaaa... anak SD kan cita2nya terlalu mainstream soalnya mereka taunya cuma itu2 ajah.. aku waktu SD juga cita2nya mainstream bingit mahahaha =____=v

      wooo aseh.. makasiiiih

      Hapus
  7. Di SD mana itu? sempat di SD ku dl? hahaha...
    kerenn.. postingannya, dmn ki tnggal di pinrang? smpat prnah ki satu sekolah, satu kompleks, satu lorong atau satu apa kah.. hahaha..
    jalan2 ki jg ke blogku.. salam kenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ditentukan SD mana yang akan ditempati KIP kak, next meeting KIP deh kayaknya...

      hahaha pernah satu skolahan kak -___- kita kelas 3 SMA, diriku kelas 1...

      Hapus