/

Minggu, 01 Desember 2013

HIKING angk. 24 KIRADEKA

Assalamualaikum.
SALAM PRAMUKAAAA!!! Tsaaah~

Aaak sudah lama saya tidak berbagi cerita di blog ini, maklumlah namanya juga lagi (sok) sibuk. Hem.  Eh tapi ciyusan loh saya benar-benar sibuk kali ini. Tugas kuliah lagi gencar-gencarnya ingin mendapatkan perhatian dari saya, kegiatan di KIRADEKA  juga cukup menyita waktu (FYI, KIRADEKA itu singkatan dari Ki Hajar Dewantara – R.A Kartini, yang notabene adalah nama Racana Pramuka yang ada di kampus saya), dan yang paling mem-bete-kan adalah kuota modem saya habis. Capalah akoh ini tanpa kuota :’|

Sudah sudaaah.. daripada kebanyakan ngeluh, langsung saja saya ingin bercerita tentang salahsatu kegiatan besar saya di KIRADEKA yang baru saja terlaksana. Yak, Penjelajahan dan Pengukuhan alias Hiking calon anggota Racana. Jadi, para MABA (MAhasiswa BAru maupun MAhasiswa BAsi) yang ingin menjadi anggota Racana juga ingin mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) nantinya, mesti mengikuti Hiking dulu. Karena salahsatu syarat bisa mengikuti KMD adalah memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) Racana yang hanya bisa didapatkan dengan cara mengikuti Hiking.


18 November 2013, disepakati sebagai tanggal, bulan, dan tahun dilaksanakannya pembukaan Hiking angkatan XXIV. Berkat hujan yang turun cukup deras hari itu namun menyisahkan kisah romantis yang uhhuk ihhik ehhek banget  maka pembukaan yang dijadwalkan tepat jam 2 siang, terpending sejaman lebih. Walau terpending, walau hujan, walau becyek.. alhamdulillah jumlah peserta yang hadir hari itu tidak cetek-cetek banget. ALHAMDULILAH..

Kegiatan Hiking ini dilaksanakan selama 1 minggu. Tapi sibuknya lebih dari seminggu. Mulai dari persiapan Hiking itu sendiri; rapat-rapatnya, urus proposalnya, latihan-latihannya yang mengharuskan saya dan “tidur siang” merasakan rindu yang begitu menggebu karena tidak berjumpa selama seminggu. Ditambah dengan kegiatan itu sendiri selama seminggu. Cuktaw lah saya tidak tidur siang selama 2 minggu.

Sehari sebelum pembukaan kegiatan, yaitu hari minggu (17/11/13) saya dan panitia pelaksana yang lainpun CINLOK terlebih dahulu… eh TINLOK maksudnya (sengaja typoooo). Jadi, TINLOK itu singkatan dari TINjau LOKasi. Untuk kesiapan jalur penjelejahan peserta, kamipun bersama-sama keluar masuk hutan, naik turun gunung, manjat batu-batuan, lompat sana lompat sini biar tidak kecebur di sungai. SEMUA ITU UNTUKK  APAAAAAH? Jawabannya, untuk kebaikan dan keselamatan para peserta agar  tidak nyasar di hutan belantara. Mending nyasar di hati akuuuh dan tak tahu jalan pulang ^^ 
Ada banyak cerita yang tercipta pada saat TINLOK. Mulai dari kaki lecet gara-gara memakai jenis sepatu yang salah dan sok-sok-an tidak memakai kos kaki,  sinar matahari yang sangat menyengat dan membuat kulit saya makin eksotis, serta pulang pulang badan saya gatal-gatal karena rumput dan alang-alang yang ada di hutan. OKE FIX. Ini bukan cerita.. tapi keluhan -______-v


Tinlok


beristirahat sejenak. padahal lokasi ini belum seberapa jauhnya. hehe

saya dan niak tidak sedang ngiklan air mineral yak kakahh

kurang keren apalagi coba couple sekretaris saya ini..


Tapi yagitu sih… walau perjuangan sangat berat, kalau dilalui bersama  dengan anak KIRADEKA semuanya terasa indah. Wetseh.

masih tetap semangat dong padahal kaki sudah lecet..

Lan to the jut..

Seminggu Hiking itu tidak semuanya berada di hutan. Jadi begini, hari seninnya itu upacara pembukaan dan dilanjutkan dengan dinamika kelompok. Dinamika kelompok disini adalah jenis permainan pramuka yang ujung-ujungnya menentukan kelompok/sangga  para peserta. Nah, pada dinamika kelompok sore itu terciptalah 11 sangga yang terdiri dari 2 sangga putra dan 9 sangga putri. Dan sangga itulah yang menjadi teman mereka nantinya saat menerima materi; mulai dari Peraturan Baris Berbaris (PBB), simpul/ikatan, tandu, menara kaki tiga, sambung tongkat/tiang bendera, semaphore, sandi, pemasangan tenda dan menjelajah di hutan nantinya. Namun, agar pada saat penjelajahan para sangga putri tidak mengalami kesusahan yang amat sangat, makanya paraa cyowok cyowok yang ada di sangga putra-pun dilebur sebelum penjelajahan itu di mulai. Karena wanita ingin dimengerti-lah kata AdaBand..





semaphore


talitemali

Senin-selasa-rabu-kamis-jumat! Yey, hari jumatpun tiba. Hari dimana panitia lebih kerempongan dari biasanya. Padahal hari-hari lainnya juga panitia lebih kerempongan dibandingkan peserta.

1. Panitia harus datang lebih cepat dari pada peserta. Telat? Push up!!!!

push up gegara terlambat -_____-
2. Panitian mesti pulang lebih lambat dari pada peserta karena harus mengikut evaluasi kegiatan hari ini dan pemantapan kesiapan untuk besoknya.

Nah. Hari jumat ini lebih dari 2 poin itu. Berhubung karena jumat malam ini jadwalnya para pesera untuk berkemah, maka panitia bertugas mengawasi perkemahan. PANITIAAA TIDAK BOLEH TIDUR DI DALAM TENDA!! Apabanget. Jadilah saya dan teman-teman panitia lainnya tidur ber-alaskan tikar seadanya dan ber-atap-kan langit malam berhiaskan bintang. Miris tapi romantis.

panitia putri lagi ngegosip diantara tenda peserta

para peserta tidak mau kalah




Keesokan harinya adalah hari yang ditunggu-tunggu. Yak, sabtu itu adalah hari dimana jadwal para peserta untuk menjelajahi hutan. Tapi sebelumnya, mereka SKJ bersama kami dulu. Jadi, di pramuka juga punya senam kesehatan jasmaninya sendiri. Jadilah pagi itu kami senam bersama -- bongkar tenda -- sarapan -- dan penjelajahanpun dimulai.


Senam Gemufamire
bongkar tenda

Peserta hiking 2013

Panitia hiking 2013


Pada saat penjelajahan, di jalur perjalanan para peserta telah disediakan 6 Prapos dan 6 Pos yang perintah dan evaluasinya berbeda tiap posnya. Semacam bertujuan mengevaluasi ulang materi yang telah didapatkan oleh para peserta selama seminggu ini. 

Peserta mendapatkan fasilitas nyalon gratis di Pos saya. heheh.
Masker hitamnya bagus untuk kulit kok. Tidak merusak wajah peserta. DIJAMIN~




Penjelajahan yang berjalan seharian penuh itupun berakhir lancar. Alhamdulillah tidak ada peserta yang teparnya mengkhawatirkan. Dan acaranyapun berlajut keesokan harinya.

Hari minggupun tiba. Hari dilaksanakannya pentas seni oleh peserta juga para panitia. Ada yang bernyanyi, berpuisi dan ada yang menampilakan sebuah drama sentilan untuk para panitia yang "agak" kejam di mata para peserta. Mueheheheh~ Selanjutnya, setelah pentas seni, diadakanlah upacara penutupan sekaligus pengukuhan para peserta. Yak, hari itu para peserta dinyatakan sebagai anggota Racana secara resmi... *tepuk pramuka*

Oh iya... selain penampilan seni, hari itu juga ada yang mencuri kesempatan yang katanya emas. Iyah~  ada yang menyatakan cintanya siang itu juga. Mengawali kalimatnya dengan mengucapkan bismillah, dan berakhir dengan kalimat "Iyee.. saya terimaki" dari mempelai perempuan. #halah.. MEREKA JADIAAAAN TJOYYY!! yang langgeng yah adik Bambang dengan patjarnyah~



Nah. Biar makin afdol dan tidak terjadi ketegangan antara peserta dengan panitia, maka diadakanlah yang namanya bina akrab. Bertujuan untuk menciptakan keakraban yang makin makin makin antara senior dan juniorlah. Ajang maaf-maaf-an atas sedikit kekejaman panitia selama seminggu. Dan tentunya, ajang balas dendam para peserta. Bagaimana bentuk balas dendamnya? jawabannya adalah dengan menyeburkan kami (para panitia) ke pantai. KEJAAAAM SEKALI MEREKAAAA -______-

Para peserta dengan semangatnya menceburkan panitia ke pantai


sweet sekalihhh


Selain itu, bina akrab ini sekaligus juga untuk memberikan apresiasi sederhana namun istimewa untuk para peserta. Yaah semacam sebuah hadiah sederhana untuk sangga terbaik. Oh iya, saat itu uga dibagikan KTA para peserta.

Pemberian hadiah oleh ketua Racana


11 sangga telah mendapatkan hadiah


NAAAHH. Seteleah semua rangkain acara berjalan dengan lancar, dan seragam pramuka kamipun sudah basah kuyup tidak tentu arah.. maka saatnya kami pulang ke rumah/kosan masing-masing.. saatnya untuk mempersiapkan LPJ dan program kerja KIRADEKA selanjutnya. Saya siap ngebolang berdasarkan tacipaparerahedibersu lagiiih. YOIHH *o*)9






Eskade, yang makin eksotis


17 komentar:

  1. Sebelum menjelajahi hutan pemanasannya senam SKJ dulu. Eh, kenapa gak senang SKD sih? Oh, iya itu nama blognya.

    Basah kuyup bukan berarti hujan-hujanan tapi bisa juga menceburkan diri atau diceburkan dipantai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha bisa bisaa.. ntar aku yang buat SKDnya bang. senam kesehatan dalam (?)

      Hapus
  2. Wihhh keren nih kegiatannya, kece sumpah

    BalasHapus
  3. waaahh David anak pramuka rupanya... dimana itu lokasinya dek? haha seru juga apalagi sampai ada acara cinlok dan katakan cinta segala.. trus davidnya ada acara cinlo gak #eh,,,, saya waktu smp saja sempat ikut pramuka tapi langsung kapok saat itu juga upst

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih di Parepare kok kakzi lokasinya...

      iyaah ada yang nyatai cinta, tapi bukan sama akuuh </3 hahahah

      kapok ikut pramuka? ywdc. tapi jangan kapok mencintaiku ya kakziii #halah

      Hapus
  4. wih, enak banget pramukanya.. aku nginap di hutan aja nggak pernah, apalagi jalan jalan kayak gitu (Samarinda nggak punya pantai) hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu mesti nyobain kuh nginap di hutan! dan kamu akan mersakan dicipok nyamuk nyamuk raksasa :x

      Hapus
  5. wuiih kece hikingnya. Dulu aku juga pernah ngerasain ini hlo. Dan sekarang masih suka pramuka :D salam pramukaah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertahanin :)
      asikk kok kalo dinikmatin.. aaah kamunya juga ketjeh :))

      Hapus
  6. KMD..
    Keren banget itu.. belajar disiplin, mandiri dll.

    Sungguh, KMD memang sesuatu banget ya..
    Makan saja diberi hitungan detik.. keren lah!!
    salam pramuka!! hormat grak!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoooihhh.. keren emang.

      SALAM PRAMUKA! :)

      Hapus
  7. acaranya seru banget, sampai-sampai bisa buat cari jodoh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah bang. cinta lokasi di bumi perkemahan katanya hahahah

      Hapus
  8. Ternyata panitianya sesibuk itu ya.. acara perkemahan terakhir ku pas smp masa -_- aku suka foto yang cewe basah kuyup berlatarbelakang pantai lepas.. gila cantik banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. fotonya yang cantik atau objeknya? dia temenku loh. dia jomblo loh #apasih hahaha

      Hapus
  9. wah wah seruuuu yakk... hbs kegiatan ini kakinya g sakit? -_-

    BalasHapus
  10. salam pramuka,
    aku suka inget sama tepuk pramuka

    BalasHapus