/

Senin, 24 Desember 2012

Our Story


 


Masa SMA.
Masa yang selalu disebut sebagai masa paling indah,
tapi tidak bagi anak-anak SMA Budi Bangsa.

SMA Budi Bangsa adalah sebuah SMA di pinggiran ibukota yang terkenal dengan sebutan SMA pembuangan sampah, karena segala jenis sampah masyarakat ada di sana.

Preman. Pengacau. Pembangkang. Pembuli. Pelacur.

Masuk dan pulang sekolah sesuka hati.
Guru-guru honorer jarang masuk dan memilih mengajar di tempat lain.
Angka drop out jauh lebih besar daripada yang lulus.

Sekilas, tidak ada masa depan bagi anak-anak SMA Budi Bangsa,
bahkan jika mereka menginginkannya.

Masa SMA bagi mereka hanyalah sebuah masa suram yang harus segera dilewati.

Supaya mereka dapat keluar dari status 'remaja' dan menjadi 'dewasa'.
Supaya tak ada lagi orang dewasa yang bisa mengatur mereka.
Supaya mereka akhirnya bisa didengarkan.

Ini, adalah cerita mereka.

***



Novel karya Orizuka ini bercerita tentang kehidupan masa SMA yang  penuh dengan problematika. Novel ini lebih menyuguhkan kepada masa Putih Abu-abu yang kelam dan suram.

Cerita berawal saat seorang gadis berrnama Yasmin pindahan dari Amerika salah masuk sekolah di Indonesia.  Ia  sangat terkejut waktu tau sekolah yang katanya bertaraf internasional yang akan dia tempati tidak lain adalah sekolah kecil rengsek yang isinya anak-anak nakal semua. Itu semua dikarenakan supir om-nya yang salah dengar dan memasukkan dia ke SMA Budi Bangsa alias "Sekolah Sampah" bukannya SMA Bukti Bangsa yang bertaraf Internasional. 

Dan mulai saat itulah, Yasmine harus terdampar disebuah sekolah buangan pinggiran Ibukota dengan segala sampah masyarakat yang bersekolah disana. Ada Preman, Pengacau, Pembangkang, Pembuli, Pelacur, komplit!

Novel ini, bisa dibilang bukanlah kisah tentang seorang Yasmine belaka. Tapi tentang seluruh murid SMA Budi Bangsa.

Tentang Cowok garang berlesung pipi bernama Nino. Yang dihari pertama sudah menggertak Yasmine dengan pemukul Baseball merahnya. Nino merupakan ketua geng yang selalu membawa tongkat baseball dan sangat disegani siapapun. Dia suka sekali berkelahi, suka merayu cewek, namun sangat anti narkoba. Hingga suatu saat Yasmine mengerti mengapa Nino bertingkah seperti ini. Dan diam diam ia seperti menaruh hati padanya. Perlakuan Nino yang kadang lembut padanya membuat pipi Yasmine selalu bersemu merah. Padahal Nino adalah seorang brandal, meski tampan.

Novel ini juga bercerita tentang harapan seluruh murid SMA Budi Bangsa yang selama sekian tahun terkubur, dan mulai terbangun lagi sejak kedatangan Yasmine. Dengan adanya Yasmine, dan Ketua OSIS, bernama Ferris, SMA Budi Bangsa perlahan-lahan Bangkit dari keterpurukan.

Next, di Novel ini juga bercerita tentang  Ferris dan MeiFerris, ketua OSIS sekaligus ketua kelas, anak orang kaya polos dan ramah yang  memiiki tujuan sendiri bersekolah di SMA Budi Bangsa. Mei, salah satu siswi SMA Budi Bangsa yang riang merangkap pelacur kelas satu yang bayaran semalamnya dua juta. Mereka berbeda status sosial, tapi mereka berdua sama-sama memiliki tujuan hidup, sama-sama punya misi. Dan mereka sama-sama saling membutuhkan untuk terus bertahan mencapai misi itu. Mereka berdua sangat serasi...

Intinya novel ini, mengajarkan kita  untuk mimpi, bermimpi dan memiliki mimpi serta mengajarkan kita bagaiamana cara untuk  memiliki kekuatan mewujudkannya. Asal kita punya kemauan, maka tidak  ada alasan bagi kita untuk takut bermimpi. Karna masa depan itu milik orang yang percaya pada keindahan mimpinya.

Pokoknya, tidak nyesel deh baca novel ini ehehe :D

21 komentar:

  1. patut masuk daftar list bacaan 2013 nanti nih :3

    BalasHapus
  2. harga novelnya berapa?heheheheeee

    BalasHapus
  3. wah , sinopsis nya bagus juga . coba beli ah... :D

    BalasHapus
  4. bagus jugaa kayaknyaa, ntar belii ahh ~

    BalasHapus
  5. harga novelnya berapa mbak ??? bukan best seller ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan best seller :)
      harganya kalo nggak salah 29rebu

      Hapus
  6. boleh nih dimasukkan dalam daftar reading list ^^

    BalasHapus
  7. novelnya udah keluar belum? gue seneng baca yang tentang mimpi-mimpi kayak gini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah dari dulu kali bang keluarnya hehehe

      Hapus
  8. Wah, bagus kayaknya..
    Ntar suruh temen saya yang suka ngoleksi novel beli novel ini deh, biar saya bisa pinjem.. #akucintagratisan
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mental gratisan.. samaan berarti! HAHAHA

      Hapus
  9. Balasan
    1. duh senaaa... pinjemin nggak yaaaaaaaaaaah :P

      Hapus
  10. wah, bagus banget tuh ceritanya.. :)
    bener tuh, mimpi itu perlu.. tapi kalo mo mewujudkannya, bangun dulu ya.. :D

    BalasHapus
  11. kayaknya pernah baca ini novel deh kak wkwkwk tp repost an di fb._. dan blm tuntas bacanya.. gue minjem lo aja kak hehe

    BalasHapus
  12. gua ikutan daftar buat minjem aja lah ahihihio... di Tuban belinya dimana yak #nanya satpol PP

    BalasHapus
  13. hmm.. kayaknya menarik tuh novelnya, kisah nyata ini?

    BalasHapus
  14. waduh novel melow2 ya? hahahah aku kok agak gimana gitu mundak an

    BalasHapus